Pemprov Jabar Bagikan Ribuan Traktor


Pemprov Jabar Bagikan Ribuan TraktorINILAH.COM, Cirebon- Cuaca tak menentu di wilayah Jawa Barat berakibat pada tidak serentaknya musim tanam, dan panen padi. Peralatan juga mempengaruhi ketidakserentakan tersebut.

Untuk tahun 2013 Pemrov Jawa Barat akan membagikan traktor ke seluruh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Jawa Barat.

Traktor sangat dibutuhkan petani karena untuk proses pembajakan traktor dalam waktu 3 jam, dapat menyelesaikan 1/3 hektar lahan. Selain itu satu orang petani dapat menggarap 1 hektar sawah sendirian.

“Kalau menggunakan manual, untuk menggarap 1 hektar sawah dibutuhkan tenaga yang banyak dan berhari-hari,” kata Gubernur Ahmad Heryawan saat menghadiri silaturahmi kyai wilayah III Cirebon, di salah satu hotel Cirebon, Rabu (23/1).

Kelengkapan traktor di seluruh gapoktan akan berimbas pada masa tanam, dan panen yang serentak. Hal tersebut akan memberi manfaat yang jelas bagi seluruh penduduk Jabar khususnya.

Ia memaparkan, perkembangan kelengkapan alat traktor di Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) di wilayah Jawa Barat selama 10 tahun lalu cukup lamban. Dari 6000 Gapoktan, tahun 2000-2010 hanya sebanyak 2000 Gapoktan yang mendapat bantuan traktor.

Sedangkan pada tahun 2000-2013, sudah 2450 gapoktan yang menerima bantuan traktor. “Tersisa sekitar 1550 gapoktan lagi yang belum mendapatkan traktor. Nanti akan saya selesaikan pada jabatan Gubernur mendatang,” katanya.

Upaya itu karena para petani merupakan pahlawan pangan. Aher juga berjanji akan meningkatkan dan memperhatikan nasib para petani tebu di wilayah Jawa Barat.

Petani merasa keberatan dengan keberadaan gula rafinasi. Aher menegaskan, akan melakukan perbaikan.

Pada tingkatan pelayanan kesehatan, sejak tahun 2011-2013, sudah dibangun 302 puskesmas yang sekaligus bisa rawat inap. Ia membandingkan, selama 10 tahun pada 2000-2010, pemprov Jabar hanya membangun 143 puskesmas.

“Pada 2013 hingga 2014 mendatang, Insya Allah sebanyak 626 kecamatan, sudah memiliki fasilitas puskesmas rawat inap,” tegasnya.

http://www.inilahkoran.com/read/detail/1950477/pemprov-jabar-bagikan-ribuan-traktor

 

Baca Berita Lainnya :

Posted on Januari 24, 2013, in Sosial and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: