Gubernur JABAR Luncurkan BOS Tahap Pertama 984 Miliar


Gubernur JABAR luncurkan BOSBANDUNG – Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap pertama 2013 diluncurkan pencairannya. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menekan langsung tombol transfer di perangkat komputer milik Bank Jabar Banten (BJB). Uang senilai Rp 984 miliar pun berpindah tersebar ke rekening masing-masing penanggungjawab BOS di sekolah di seluruh Jabar.
“Alhamdulillah, sudah masuk yah ke rekening sekolah, mudah-mudah pelaksanaannya lancar. Pada 2011 pencairan dana BOS agak tersendak karena melalui Kabupaten/Kota, 2012 dan sekarang (2013) lancar langsung ke rekening penanggungjawab di sekolah,” jelas Heryawan usai menekan tombol transfer di acara Peluncuran Dana BOS Triwulan I 2013 di Gedung Sate, Jumat (18/1).

BOS untuk periode bulan Januari-Februari-Maret ini dialokasikan untuk SD/SDLB sebesar Rp 683,8 miliar. Sedangkan untuk SMP, SMPLB, dan SMP Terbuka sebesar Rp 300,7 miliar.

Sedangkan alokasi keseluruhan untuk 12 bulan (periode Januari sampai Desember 2013) total dana BOS untu Jabar sebesar Rp 4,161 triliun, yang diperuntukan bagi siswa SD/SDLB Rp 2,761 triliun; SMP-SMPLB-SMP Terbuka sebesar Rp 1,219 triliun; dan cadangan untuk semua SD dan SMP sebesar Rp 179,8 miliar.

Dari dana sebesar itu alokasi untuk masing-masing siswa SD sebesar Rp 580 ribu per siswa per tahun. Sedangkan untuk siswa SMP sebesar Rp 710 ribu per siswa per tahun.

Sedangkan BOS untuk SMA pada 2013 rencananya akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 1 juta per siswa per tahun. “Nanti tambahan dari provinsi Rp 200 ribu per siswa per tahun, jadi totalnya Rp 1,2 juta per siswa per tahun. Dengan demikian SMA pun insyaallah akan gratis secara bertahap,” papar gubernur yang disapa Aher ini.

Dengan digratiskannya sampai tingkat SMA diharapkan akan tercapai program pendidikan universal 12 tahun, bukan lagi pendidikan dasar 9 tahun. “Kalau sudah pendidikan universal mudah-mudahan SDM kita bisa mengejar pembangunan negara lain. Di jepang itu pendididakn dasar 12 tahun sejak tahun 70-an, gak aneh kalau mereka lebih maju, jelas Aher.

Gubernur JABAR luncurkan BOS.1

BOS untuk SMA tahun 2013 mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar satu juta rupiah per siswa per tahun. Nanti tambahan dari provinsi dua ratus ribu rupiah per siswa per tahun, jadi totalnya 1,2 juta rupiah per siswa per tahun. Dengan demikian SMA pun insyaallah akan gratis secara bertahap.

dana BOS

Cegah Penyelewengan BOS Mengunakan Software Pelaporan
“Ini inisiatif pemprov. Pembuatan software dilatarbelakangi juga karena keterbatasan tenaga administrasi keuangan di tingkat SD karena biasanya yang melakukan tugas administrasi adalah kepala sekolah. Coba bayangkan ia mengajar, jadi bendahara, dan jadi sekretaris juga. Software ini akan membantu. Kita akan latih bertahap hingga semua sekolah menggunakan software tersebut.”

Sumber:

https://www.facebook.com/pages/Ahmad-Heryawan/94152818602

https://www.facebook.com/AherDeddyMizwar

https://www.facebook.com/pages/Sahabat-Ahmad-Heryawan/317591138328412

—————–

Baca Berita Lainnya :

About these ads

Posted on Januari 18, 2013, in Pendidikan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: